Sering kita temui pertanyaan matematika seperti ini:
5, b, 15, 20, 25.. Berapakah nilai dari b?
Pertanyaan seperti ini sering muncul dalam Psycho/Aptitude Test. Ya mungkin contoh di atas masih mudah (10) nah kalo susah gimana?? Berikut ini langkah-langkah mudah yang saya temukan untuk menyelesaikan tipe pertanyaan seperti di atas:
Langkah 1
Hitung jarak matematika antara nomor-nomor dengan mengurangkan setiap nomor dengan nomor selanjutnya.
[contoh: no1 - no2, no2 - no3, dst..]
Kalo hasilnya sama, berarti polanya sudah ditemukan, kalo tidak, lanjut ke langkah 2.
Langkah 2
Cari pola dari hasil pengurangan antara nomor-nomor yang kita temukan pada langkah pertama. Kemungkinan mereka bertambah besar dengan suatu nomor tertentu contoh: 3, 5, 9
[eg. no1 + 3, no1 + 3 + 3, no1 + 3 + 3, dst..]
Kalo tidak ada pola tertentu, lanjut ke langkah 3.
Langkah 3
Fokus kembali ke pola nomor yang pertama (bukan hasil pengurangan), cari penyebutnya (common denominator, ga tau bahasa indonya). Contoh jika polanya 3, 9, 15, 21... penyebutnya adalah 3, kalo kita bagi dengan penyebutnya, kita ketahui bahwa polanya adalah 3 kali dari angka ganjil pada barisan angka jadi angka selanjutnya adalah 28, 33, dst..
Langkah 4
Jika masih belum menemukan solusi/jawabannya, cari sebuah pola dalam nomor-nomor tersebut dalam cara penulisannya. Ini berarti daripada mencari solusi secara matematika, kita mencari sebuah kode. Contoh, mungkin kita diberikan sequence berikut: 1, 12, 121, 1213, 12131. Di sini angka berikutnya, 121314, di dapat dari pola digit dalam penulisannya, bukan dari bagaimana nomor-nomornya dimanipulasi secara matematika.
Langkah 5
Kalo sudah mencoba langkah 1-4 tanpa sukses, ulang lagi dari langkah 1 dengan sangat teliti di setiap langkah.
Langkah 6
Kalo masih belum ketemu juga buat muka begini:
dan pilih antara pilihan a, b, c, d, e mana yang belum begitu banyak dipilih.
Sumber
No comments:
Post a Comment