Saturday, November 7, 2009

Internet

Siapa sih yang tidak kenal Internet? Sekarang internet sudah ada di mana-mana, bahkan semua telepon genggam dapat mengkoneksi ke internet melalui servis GPRS sampai 3.5 G dan tak sedikit yang mempunyai fitur Wi-Fi, warnet sudah ada di setiap sudut dan berlangganan internet pun sudah mudah dilakukan dan harganya pun terjangkau. Seiring dengan perkembangan jaman, Internet telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Tetapi sebenarnya apa saja yang dapat kita lakukan dengan internet?

Dengan adanya Intenet, komunikasi menjadi lebih mudah, murah dan lebih “terasa”, oleh karena itu mayoritas pengguna internet menggunakannya untuk berkomunikasi. Sudah banyak jaringan social yang ada di Internet seperi Yahoo, Gmail, Facebok, Twitter dan lain-lain. Dengan bantuan jaringan-jaringan ini, seseorang sampai dapat menemukan teman-teman SDnya dulu dan berkomunikasi dengan teman yang berada di luar negeri menjadi sangat mudah.

Satu lagi manfaat internet adalah Sharing atau Membagi, dengan internet kita dapat membagi apa saja dari pengalaman, ilmu, opini, dan lain-lain. Ilmu yang dibagi tidak hanya ilmu akademik, banyak tutorial-tutorial dalam menggunakan Photoshop sampai cara memodifikasi dan memperbaiki kendaraan bermotor. Meskipun begitu, pengguna harus berhati-hati dalam Sharing, khususnya informasi pribadi dan opini yang dapat menyebabkan kontroversi atau menyinggung pihak lain.

Meskipun banyak manfaat tetapi terdapat juga sisi gelap dari Internet, tak sedikit orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan Internet untuk mencuri seperti Phishing; yaitu memancing seorang pengguna lain yang melakukan transaksi pada bank untuk memasukkan informasi pribadinya sampai nomor rekening banknya ke dalam situsnya yang dibuat serupa dengan situs bank aslinya. Oleh karena itu pengguna Internet harus berhati-hati dalam berinternetan.


"Great power comes with great responsibility (Uncle Ben, Spiderman)"

Kesimpulannya adalah Internet mempunyai kekuatan netral yang dapat bermanfaat atau merugikan tergantung pada pemakainya. Internet seperti suatu kekuatan hebat yang dapat dimiliki setiap orang. Tapi ingat, “Great power comes with great responsibility”, dengan kekuatan besar diikuti dengan tanggung jawab yang besar, jadi gunakanlah Internet dengan bijak.

No comments:

Post a Comment