Friday, January 15, 2010

Electronic Paper

Electronic Paper (e-Paper) adalah suatu gadget yang dibuat untuk meniru penampilan suatu kertas bertinta. Tidak seperti Flat-panel Display yang menggunakan cahaya backlight untuk menerangkan pixelnya, e-paper menggunakan merefleksi cahaya seperti kertas biasa dan mampu menahan teks dan gambar tanpa mengeluarkan tenaga listrik dan dapat mengubah gambarnya nanti saat diperlukan.

Untuk membangun suatu e-Paper, sudah ada beberapa teknologi yang dapat membuatnya fleksibel seperti menggunakan plastic subtrate dan teknologi elektronik yang lain.


e-Paper buatan Fujitsu

E-Paper dianggap lebih nyaman dibanding dengan layar-layar elektronik lainnya. Ini karena e-Paper mempunyai gambar yang lebih stabil dan tidak perlu di-refresh sering-sering, sudut penglihatan yang lebih lebar dan karena e-Paper merefleksi cahayanya sendiri daripada membuat cahayanya sendiri. E-Paper dapat dilihat dengan sinar matahari langsung tanpa menyebabkan gambarnya menghilang sedikitpun.


Contoh Device e-Paper

E-Paper akan menggantikan pengunaan kertas sehingga mengurangi penebangan hutan-hutan. E-Paper dirancang untuk koran-koran, majalah-majalah, e-Books, album foto digital dan juga jam tangan di tahun-tahun mendatang.


Jam tangan Slap-On

Semoga masuknya e-Paper ke Indonesia semakin cepat agar Indonesia tetap hijau. Go Green!

Source: Wikipedia & Google Image search



No comments:

Post a Comment